Motorola EM30

Posted on Senin, 06 September 2010 by muhammad alkhairiy | 0 komentar
Label: ,

Motorola EM30 from Rokr Series

RokrEM30 adalah sebuah ponsel dari Motorola yang khusus dipasarkan untuk user pemula tapi dengan kualitas MID-END. Sebagai bagian dari keluarga ROKR Series yang notabene mempunyai kemampuan musik yang tidak perlu diragukan lagi, Rokr EM30 adalah hal wajib untuk kalian para musik lover.... hehehe
Kesan pertama menyentuh EM30, bentuknya yang mengambil disain candybar mungkin terlihat aneh dari segi perbandingan lebar dan panjangnya yang agak berbeda dengan ponsel standar tapi kesan kokoh dan elegan bisa di dapat dari ponsel ini.
Disain EM30 terinspirasi dari sebuah brand pemutar musik terkenal agar lebih menyentuh para music lover. EM30 juga merupakan versi downgrade dari ponsel music terkenal Motorola yaitu Rokr E8. Ini dilakukan untuk menekan harga jualnya.

Sebagai sebuah Ponsel.

EM30 mempunyai semua fitur dasar ponsel yang cukup lengkap dan tidak perlu diragukan lagi. Seperti SMS, MMS, Speaker phone, dan lain-lain. Untuk mendukung fitur pesan, ponsel ini telah dilengkapi fitur iTap yang bagi saya pribadi cukup membantu. Kata-kata yang sering kalian gunakan akan diprediksi secara otomatis oleh ponsel ini.
Pada fitur panggilan, ponsel ini telah dilengkapi oleh teknologi khas milik Motorola yaitu Cystall Talk. Fitur ini menjernihkan suara yang dikirim dan diterima saat menelpon sehingga kalian akan tetap mendengar dengan jelas suara sang penelpon walaupun di tempat yang bising.
Batere EM30 juga cukup bisa diandalkan. Standby 300 jam dan waktu bicara 6 jam. (resma dari Motorota). Selain itu, disain kokoh khas Motorola membuat ponsel ini nyaman untuk digenggam dan juga pocket friendly karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.
Begitu juga dari sisi layar, bentuknya yang menyamping membuat tiap tulisan dan tampilan ponsel ini lebih nyaman untuk dilihat. Untuk ketajamannya tidak perlu diragukan lagi. LCD buatan Sharp ini sangat tajam, terang dan jernih. Sangat sejuk di mata.
Beberapa fitur pendukung juga ditanamkan Motorola di ponsel ini. Pada sisi bluetooth, telah dilengkapi lampu LED kedap kedip di pojok kanan atas layar yang menandakan fitur ini aktif. Pada sisi pengisian daya batere (charging), dilengkapi juga dengan lampu LED. Lampu hijau menyala terus, artinya daya batere di bawah 20% saat diisi, lampu hijau kedap kedip berarti batere di atas 20% saat diisi dan lampu orange jika proses pengisian tidak dikenal (misalnya karena driver di PC belum terinstal dengan benar). Fitur-fitur kecil yang menurut saya sangat membantu.
Kekurangan terbesar dari ponsel ini adalah pada keypadnya. Keypadnya datar dan sangat perlu penyesuaian untuk pemula. SMSn terlalu lama juga membuat jari menjadi pegal.





Sebagai Ponsel Pintar.

EM30 bukan ponsel biasa karena didalamnya telah ditanamkan OS berbasis Linux dari Motorola yaitu MotoMagx. Dengan OS ini, EM30 mempunyai kesempatan untuk lebih berkembang karena lahir dari sebuah komunitas open source. Modding pun menjadi sebuah pilihan dan kekuatan untuk ponsel ini (lihat tutorial modding). Dengan meng-update firmwarenya, ponsel ini akan berlari cepat dan tentu saja lebih pintar dengan adanya dukungan aplikasi-aplikasi dan game tambahan yang siap dijejalkan di ponsel ini. Ponsel ini mensupport Micro SD hingga 8 GB, jadi kalian tidak perlu takut kekurangan tempat.
Sisi tampilan juga bisa diperindah dengan berbagai tema yang ada. Bahkan huruf pun bisa diganti sesuai selera, begitu juga dengan ukuran dan stylenya.
Dari segi customisasi, kalian bisa mengganti wallpaper, screensaver, sms ringtone, call ringtone, startup pic dan lain-lain. Kalian yang suka menyimpan sms pun tidak perlu khawatir, ada 9MB free memory untuk sms. Cukup untuk puluhan ribu sms.

Sebagai sebuah Ponsel MUSIC.

Saatnya membahas fitur paling penting di ponsel ini.
Dari sisi kekuatan audio hardware, Rokr EM30 mempunyai spesifikasi teknis seperti ini :

Respon Frequensi dari 40 hz – 15 Khz : +0.65 dB, -0.21 dB (bagus)
Level Noise : -83.2 dB (bagus)
Dynamic Range : 83.2 dB (bagus)
THD : 0.145 % (standar)
THD plus Noise : 52.2 dB (kurang bagus)
IMD plus Noise : 0.274 % (standar)
Stereo Crosstalk :- 81,6 dB (sangat bagus)
IMD di Frequensi 10 khz : 0.276 % (standar)

Pengujian audio hardware ini dilakukan oleh tim dari smape.com dengan Creative X-Fi Xtreme Music sound card. Pengujian ini membawa Rokr EM30 sebagai pemenang di sisi audio hardware melawan Nokia 5310 XM, SE W302, dan Samsung M3510 beat.
Ini membuktikan kekuatan suara dan tingkat kejernihan dan detail yang dimiliki oleh Rokr EM30 mengalahkan para kompetitornya.
Sayangnya, dari kemampuan musik yang terhitung high end, motorola tidak menggunakan volume suara sekuat para kompetitornya dalam hal ini.Tapi, tentu saja ini dikarenakan detail suara yang berkualitas dan adanya dukungan penuh pada sektor spatial audio (3D sound dan stereo widthning).SOURCE

Dan untuk mendapatkan pengalaman bermusik yang maksimal, kalian bisa membeli earphone atau headphone musik yang lebih berkualitas karena yang ada didalam paket pembelian adalah headset biasa yang walaupun sudah cukup lumayan tapi menurut saya masih belum cukup untuk memuaskan selera musik kita semua.
* Rokr EM30 mendukung semua ear/headphone musik seperti Senheizer, Philips, Sony, Toshiba, dan lain-lain karena menggunakan jack universal 3.5 mm.

Selain itu, dukungan open source fimware Rockbox akan membuat pengalaman bermusik yang sama dengan ipod (ipod, zune dan music player profesional lain juga memiliki dukungan rockbox).

Sumber:Kaskus

0 komentar:

Posting Komentar